Azka FZ
Blog Universitas Komputer Indonesia

Mengenal Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Mengenal Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Blog Unikom - Pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna berikt penjelasannya. Pengertian pasar persaingan sempurna merupakan suatu pasar yang jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan produk yang diawarkan atau dujual sejenis.

Contoh barang yang biasa dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya. pasar persainan sempuran adalah pasar yang penjualnya dan pembelinya tidak bisa mempengaruhi harga, maka dari itu harga di pasar benar benar hasi atas kesepakatn dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

 

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawarn mencerminkan keinginan  produsan. Pada pasar persaingan sempurna penjual dan pembeli sama selaki idak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar dikarenakan sudah ada ikatan batin antar penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada dalam pasar parsaingan sempurna.

Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri ciri pasar persaingan sempurna, ciri ciri yang bisa ditemui pada pasar persaingan sempurna sebagai berikut :

  1. Terdiri dri banyak penjual dan pembeli

Sifat ini berdampak pada aperilaku penjual dan pembeli tidak beisa memberikan pengaruh keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar dengan keseluruhan. Interaksi antar penjual dan pembeli dianggap jadi pengikut harga atau price taker yang menjadi penyebab harga di pasar memiliki sifat datum atau harganya tetap berapaun jumlah barang yang dijual karena mekansme pasar yang melakukan penentuan harga lewat interaksi antar kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

  1. Adanya kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan / free enry and free exit

Maksudnya adalah tidak adanya suatu hambatan  jika perusahaan inginmemulai bisnis baru jika dianggapnya mengunungkan dan menutup usahan jika ternyata merugiakn. Tidak seperti pasar lainnya yang bisa saja ada terikatan dam membuka dan menutup pasa biasanya dengan adanya surat perjanjian.

  1. Barang yang dijual belikan memiliki sifat homogen

Perusahaan menghasilkan barang yang barang itu merupakan pengganti yang sempurna pada barang yang diproduksi pershaan lain dalam semua aspek sehingga produk identic sama atau tidak ada perbedaan. Maksunya selaipun telah memberli disatu perusahaan bisa jadi besar kualitas dan kuantitas akan sama persisi dengan perusahaan lain.

  1. Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna

Penjual dan pembeli sangant paham betul mengenai keadaan pasar tentang hal tingkat harga yang sedang berlaku di pasar dan meliputi pada setiap perubahannya. Pengetahuan mengenai keadaanini bisa mengakibatkan :

  • Semua sumber daya dipakai sepenuhnya untuk menghasilkan siuntungan yang maksimal.
  • Tidak ada produsen yang menjual barang dengan harga lebih rendah dari harga pasar biasanya.
  • Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang tinggi rendah dari harga yang ada di pasar.
  1. Mobilitas atau perpundahan sumber ekonomi cukup sempurna

Artinya adalah tidak adanya kesulitan walau pun sedikit apabila sumber daya atau faktor peroduksi ingin dipindahkan dari tempat ke tempat lainnya. Karena pada awalnya semau tempat produksi sebenarnya mempunyai kesamaan baik di metode pembuatan sampai penjualannya pada pembeli.

Pasar persaian sempurna bisa jadi wadah yang baik jiga seseorang mempunyai bisnis produk atau jasa yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang.

Kesuksesan bisnis bisa didapat dari mana saja dan kapan saja asalakan seseorang mempunyai strategi yang sangat matang, salah satunya dengan cara melakukan catatan keuangan perusahaaan dengan teratur dalam laporan keuangan perusahaan.

Menurut wikielektronika.com, seseorang juga dapat dengan mudah menggunakan software microsoft excel maupun akuntasi jurnal untuk memudahkan manajemen perekonomian. Jurnal merupakan software yang bisa membantu dalam pembuatan laporan keuangn denga mudah , cepat dan real time.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh pasar persaingan sempurna di indonesia terdari dari pasar kebutuhan pokok di pasar tradisional dan bursa efek atau pasar model. Berikut penjelasannya.

  1. Pasar beras

Merupakan pasar yang menjadi salah satu contoh pasar persaingan sempurna. Di pasar besar ulah merupakan penjual dan pembeli sama banyaknya. Tak hanya itu penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang memang sudah diatur. Meskipun adanya perbedaan mutu dan kualitas tetapi pasar beras mempunyai sifat yang bisa dikatakan homogeny karena adanya perbedaan harga. Harga yang ada di pasar ada karena adanya pasara besar merupakan hasil dari kekuatan tarik menarik atau tawar menawar pada permintaan beras.

  1. Pasar sayur

Pasar sayur juga menjadi contoh pasar persaingan sempuran karena jumlah penjual sayur begitu banyak dan sama jumlahnya dengna pembelinya. Komoditas sayur mempunyai harga pasar tersendiri yang tidak dapa dipengaruhi baik oleh penjual ataupun pembelinya. Harga sayur suda ditentukan karena interaksi jumlah penawaran dan permintaan pasar. Batang yang dijual memiliki sifat homogeny berupa beragam sayur. Pembeli tidak akan membeli sayur yang harganya diatas pasar dan sebalinya penjual juga tidak akan menjual sayur denga harga dibawah pasar.

  1. Pasar buah

Contoh pasar persaingan sempurna yang jumlah penjual buah dan pembeli buah sama banyaknya dan dapt ditemui dimanaj saja. Haraga buah juga sudah ditentukan oleh mekanisme pasar melalui kurva pasar persaingan sempurna yaitu penawaran dan permintaan. Walaupun tidak dapat dibilang murni untuk pasar persaingan sempurna tetapi setidaknya mekanisme dan suktur pasar buah mendekati pasar persaingan sempurna.

  1. Pasar gandum

Gandum merupakan salh satu kebutuhan pokok. Gandum juga dapat digunakan untuk memproduksi tepung terigu pembuat roti, kue, biscuit dan makanan lainnya. Tak heran apabila gandum banyak dijual. Pasar gandum termasuk salah satu yang mendekati pasar persaingan sempurna. Pasar gandum memiliki penjuapl dan pembelinya sama banyak. Harganya pun juga ditentukan dari mekanisme permintaan danpernawaran pasar.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Persaingan pasar tidak sempurna sering kita jumpai yang jarang kita temui yaitu pasar persaingan sepurna. Pengertian pasar perasaingan tidak sempuran merupakan pasar yang kegaitan pasarnya dimonomoli oleh perusahaan terentu seperti saran umum atau penjualan pbarang yang sama di pasar dan hanya dibedakan atas daras merk, kemasan, aroma, warna bahkan ukuran. Pasar persaingan tidak sempurna ada saru atau beberapa penjula yang menuasai pasar atau harega dan saru dari beberapa pembeli menguasai pasar atau harga. Ada beberapa pihak yang menguasai asar atau harga dan melahirgan bermanca bentuk pasar persaiangn tidak sempurna seperti beruk pasar monopoli, pasar oligopoly, pasar monopolitis dan pasar oligopsoni.

Ada beberapa ciri dari persaingan pasar tidak sempurna yaitu :

  1. hanya ada satu orang penjual.
  2. Terdapat banyak pembeli.
  3. Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang penggnati yang dekat.
  4. Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar.
  5. Barang yang dijual bersifat homogen.
  6. Penjual bisa melakukan permainan harga sedangka pembeli hanya bisa mengikuti saja.

Demikian makalah pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna semoga dapat membatu pembaca dalam menambah informasi, wawasan dan pengetahuan.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 27 Oktober 21 - 14:09 WIB
Dalam Kategori : WAWASAN UMUM
Dibaca sebanyak : 310 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback