Azka FZ
Blog Universitas Komputer Indonesia

Pengertian Variabel dalam Penelitian

Pengertian Variabel dalam Penelitian
Penelitian merupakan sebuah proses ilmiah dan sisematis untuk mengetahui semua sesuatu yang diinginkan. Hasil dari kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk masyarakat atau dapat dijadikan acuan untuk proses selanjutnya. Tak sedikit juga komponen yang harus diperhatikan. Satu dari banyak yang mengenai objek yang akan diteliti yang sering disebut dengan variabel penelitian. Apabila tanpa variabel penelitan maka proses penelitian tidak berjalan. Karena pada tahap awal yang memang harus dikerjakan yaitu penentuan variabel yang akan diobservasi.
 
                Pengertian variabel secara umum, variabel adalah objek yang akan dijadikan penelitian yang bentuknya abstrak  atau pun real. Pelaksanaan kegiatan ini memang harus secara sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah. Jadi hasil dari observasi dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Landasan teori yang digunakan juga dapat mempengaruhi hasil yang didapat. Jumlah variabel pun tidak ditentukan dan bergantung kepada jenis penelitian yang akan dilaksanakan. Berikut beberapa pengertian variabel menurut beberapa para ahli :
 
  1. Menurut Sugiarto
Variabel adalah karakter yang bisa didapat dari observasi yaitu dari unit amatan yang merupakan pengenalan atau atribut dari sekelompok objrk. Maksud dari variabel itu yaitu terjadinya variasi antar objek yang sau dengan objek yang lain di dalam kelompok tertentu.
  1. Menurut Dr. Ahmad Watik Pratiknya
Variabel adalah konsep yang memiliki variabilitas. Konsep itu sendiri adalah penggambaran atau absraksi dari fenomena tertentu. Konsep yang berupa apa saja, yang terpenting memiliki ciri yang beragam, maka bisa disebut sebagai variable. Maka dari itu variabel bisa diartikan untuk semua sesuatu yang beragam.
  1. Menurut Notoatmodjo
Variabel memiliki pengertian ukuran atau ciri yang dipunyai oleh anggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dipunyai oleh kelompok yang lainnya. Variabel adalah suatu yagn dipakai untuk ciri, sifat, atau ukuran yang dipunyai atu didapat dari suatu penelitian mengenai konsep pengertian tertentu.
  1. Menurut Bhisma Murti
Variabel adalah fenomena yang memiliki variasi nilai. Variasi nilai tersebut dapat diukur dengan cara kualitatif atau kuantitatif.
  1. Menurut Sugiyono
Arti dari variabel merupakan semua hal yang memiliki bentuk apasaja yang telah ditetapkan peneliti untuk dipelajari dampai diperoleh informasai mengenai hal tersebut lalu ditarik menjadi kesimpulan.
  1. Menurut Freddy Rankuti
Arti variabel yaitu konsep yang mempunyai nilai beragam dan nilai itu dapat dibagi jadi 4 data yang berbeda beda, yaitu seperti skala, rasio, ordinal, nomina dan internal.
 
                Itu lah tak sedikit pengertian mengenai variabel, kemudian apasih variabel penelitian itu? Berikut penjelasan mengenai beberapa pengeritan variabel penelitian yaitu :
 
  1. Variabel penelitian adalah semua hal yang mempunyai ragam nilai atau mempunyai nilai yang berbeda dan bisa diukur.
  2. Variabel penelitian merupakan suatu hal yang bentuknya apa saja yang ditetapkan peneliti untuk dipelajari yang akan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut, lalu akan ditarik kesipulan.
  3. Variabel penelitian merupakan kontuks atau sifat yang akan dipelajari.
  4. Sedangkan variabel penelitian menurut Robbin Pearson yaitu semua karakter umum yang bisa diukur dan bisa berubah dalam intensitas, keleluasan bahkan bisa dari keduanya.
 
Setelah memahami pengertian variabel penelitian, selanjutnya akan membahas mengenai jenis jenis variabel penelitian.
 
  1. Variabel dependen dan independen
variabel dependen yang juga bisa disebut dengan variabel terikat, karena mempunyai sifat yang terikat dan hasilnya bisa dipengaruhi oleh objek penelitian yang lainnya. Contohnya seperti sebuah penelitian yang memiliki hubungan dengan hasil belajar dan minat belajar yang jadi objek bebas yaitu minat belajar yang mempengaruhi hasil belajar. Beda dengan Variabel independen yang bisa juga disebut dengan variabel bebas, variabel bebas sendiri merupakan objek penelitian yang memberikan pengaruh faktor yang lainya. Sesuai dengan namanya, variabel bebas ini memiliki sifat yang bebas dan hasilnya tidak dipengaruhi karena apapun itu.
  1. Variabel kontrol
Variabeel control merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan maka dari itu hubungan variabel bebas kepada variabel terikat tidak terpengaruh dari faktor luar yang tidak teliti.
  1. Variabel moderator
Variabel moderator merupakan variabel yang memberikan pengaruh suatu hal menjadi lebih kuat atau juga lebih lemah yang mempunyai hubungan degnan variabel bebas atau variabel terikat.
  1. Variabel intervening
Variabel intervening merupakan variabel yang memilii arti variabel yang memberikan pengaruh hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yang tidak dapat diamati dan diukur.
 
                Berikut ada beberapa contoh variabel penelitian berdasarkan jenisnya yaitu :
 
  1. Variabel independen / variabel bebas
Di dalam penelitian pertanian contohnya “ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI SEMANGKA (Studi kasus di daerah tertentu)”. Dari judul di atas bisa ditentukan variabel bebasnya contohnya yaitu dari luas lahan, jenis pupuk, insektisida, dan lain sebagainya. faktor yang disebutkan dapat mempengaruhi variabel yang lainnya. Variabel ini bisa saja untuk dimanipulsa dengan melakukan penambahan atau pengurangan jumlah selama saat proses penelitian.
 
  1. Variabel dependen / variabel terikat
Di dalam penelitian yang telah menyebutkan pada jenis variabel pertama yaitu, tanaman semangka atua yang lebih jelasnya jumlah atau kualitas peroduksi tanaman semangka pada daerah tertentu tempat penelitian yaitu adalah variabel terikat. Jumalh produksi buah semangka diperhatikan atau ditelit tingkat produksi dengan melakukan manipulasi las lahan, kuantitas pupuk buatan, jumlah pekerja yang menangani perkebunan semangka.
  1. Variabel kontrol
Tinggi rendahnya pendapatan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap umur harapan hidup. Pada penelitian ini ada variabel antaranya yakni yang berupa gaya hidup seseorang.
  1. Variabel moderator
  2. Pada penelitian ini ada variabel antaranya yakni yang berupa gaya hidup seseprang. Antara variabel penghasilan dan gaya hidup apa pada variabel moderator Variabel intervening
Pada penelitian ini ada variabel antaranya yakni yang berupa gaya hidup seseprang. Antara variabel penghasilan dan gaya hidup apa pada variabel moderator yakni budaya lingkungan tempat tinggal.
 
                Dengan mengerti dan paham betul mengenai variabel penelitian maka akan bisa mendapat banyak kemudahan untuk mendapat data yang diinginkan. Setelah belalui tahap pengolahan lalu dapat dilakukan, apakah akan dilanjutkan atau memakai cara yang lainnya. Hipotesa jadi bagian penting di dalm observasi ini bosa didapat denga pemilihan variabel baik. Ada beberapa ciri yang dipunyai yaitu memiliki sifat yang relevan dengan tujuan penelitian, dapat dinilai dan diamati, gampang untuk di identifikasi, klarifasi dan yang pasti definisinya jelas.
 
                Jadi, variabel merupakan objeng yang penting di dalam penelitian. Saat memilih harus sesuai supaya dapat mencapai tujuan yang telah diinginkan. Proses dan landasan teori yang dipakai juga akan memberikan pengaruh hasi dari observasi. Apabila variabel yang dipilih bagus maka hasil dari penelitian juga akan bisa dipertanggungjawabkan dengan cara ilmiah. Semoga dengan penjelasan variabel penelitian kali ini dapat membantu  pengetahuan, wawasan dan informasi pembaca.
 
Sumber : https://wikistatistika.com
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 19 November 22 - 10:25 WIB
Dalam Kategori : VARIABEL, VARIABEL PENELITIAN
Dibaca sebanyak : 21 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback