Azka FZ
Blog Universitas Komputer Indonesia

Perkembangan Harga Batako Ditengah Pandemi Tetap Stabil

Perkembangan Harga Batako Ditengah Pandemi Tetap Stabil

Blog Unikom - Batako merupakan salah satu jenis batu bata. Batako sekarang banyak digunakan dari pada batu bata merah. Sebab ukuran batako yang lebih besar dan kokoh menjadikannya lebih simpel dibandingkan dengan batu bata merah. Selain itu penggunaan batoko pada pembangunan rumah juga menghemat biaya.

Untuk  pemasangan batako sendiri lebih singkat dan cepat. Sebab banyak yang beralih dari batu bata merah ke batako. Dibawah ini informasi terkait dengan harga batako dan mesin cetakan batako.

Jenis Jenis Batako

Batako terbuat dari campuran semen, pasir kasar dan air. Untuk proses pembuatannya membuatnya dengan mencetak dan mengepres lalu dijemur hingga kering. Karena perkembangan zaman, sekarang dipermudah dengan adanya  mesin pembuat batako. Dari proses pencampuran hingga pencetakan sudah menggunakan mesin batako.

Batako Hitam ( Batako Press )

Batako Press menjadi salah satu jenis batako yang banyak dicari dan digunakan untuk bahan konstruksi di Indonesia.

Untuk pembuatannya memerlukan bahan campuran antara lain pasir dengan semen PC. Batako Press biasanya memiliki ukuran dengan panjang 36 cm – 40 cm, tebal 8 cm – 10 cm dan tinggi 18 cm – 20 cm.

Batako press mempunyai 2 jenis yaitu batako press mesin dan batako press manual. Perbedaan dari keduanya yaitu pada harga yang dipatok. Harga batako press mesin lebih mahal dibanding harga batako press manual. Kualitas dan kepadatan dari batako press mesin juga lebih bagus.

Dilansir dari situs hargabangunan.id. rata rata untuk harga batako press sendiri berkisar di 2300/ buah. Sedangkan untuk  batako press untuk 1 meter persegi terdiri atas 20 buah batako. Jadi harga dari 1 bidang dinding batako press dengan ukuran 1 meter persegi memerlukan biaya Rp. 46.000.

Batako Putih ( Batako Trass )

Batako jenis ini, terbuat dari campuran batu kapur, trass, dan air. Batako Putih dibuat dengan cara dicetak terlebih dahulu kemudian dibakar. Trass merupakan jenis tanah yang berwarna putih sedikit kecokelatan. Trass terbentuk dari pelapukan batuan kapur yang ada digunung.

Ukuran batako trass memiliki panjang antara 25 cm- 30 cm,  lebar 8 cm – 10, dan tinggi 14 cm sampai 18 cm. Batako Trass memiliki keunggulan dibandingkan dengan batako press yaitu harga dan kecepatan pemasangan yang lebih bail.  Akan tetapi batako jenis ini, lebih rapuh dan mudah pecah.

Jenis Jenis Mesin Cetak Batako

Mesin Press Batako Dan Paving Blok Manual Vibration

Mesin Cetak Batako Dan Mesin Paving blok merupakan alat  yang digunakan untuk mencetak  batako dan paving blok.

Cara kerja alat yang satu ini masih manual dengan menggunakan sistem getar. Alat ini cocok bagi para  pengusaha kecil maupun menengah.

Mesin Pengaduk Bahan Batako

Seperti namanya mesin ini digunakan untuk mengaduk adonan batato hingga siap  untuk masuk ke pencetakan menggunakan mesin cetak batako.

Mesin yang satu ini sangat penting, karena cara kerja Mesin Cetak Batako Dan Paving Blok lebih cepat. Maka diperlukan persiapan agar berjalan sesuai target dan  rencana produksi.

Mesin Press Batako Dan Paving Blok

Mesin press memudahkan para pembuat batako karena prosesnya lebih cepat dan tidak memerlukan tenaga yang banya.

Harga Batako Terbaru 2021

Spesifikasi 

Satuan

Harga (Rp)

Batako  Biji  2.450
Batako Press Lock Biji  2.100
Batako Putih Biji  3.600
Batako Murni Biji  2.900
Batako Hebel Kubik 745.000
Batako Press 3 Lubang Biji  1.050
Batako Hitam Press Biji  1.600
Batako Reguler 2 Lubang Biji  3.900
Batako Reguler 3 Lubang Biji  3.700
Batako Conblock Murni Biji  4.500

Sekian beberapa info terkait dengan batako. Untuk harga batako tidak setiap daerah sama, tergantung dengan penjual dan harga yang ada dipasaran.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 27 Oktober 21 - 16:03 WIB
Dalam Kategori : BATAKO, MATERIAL BANGUNAN, ARSITEKTUR
Dibaca sebanyak : 212 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback